Skip to main content

Featured

JANGAN ASAL SEMBARANGAN INSTALL APLIKASI YANG GRATIS






~ SELAMAT DATANG DI BODAS TEKNO ~ SELAMAT DATANG DI BODAS TEKNO ~


Hi!
Apa kabar, semoga kabar kalian baik-baik saja ya. Beberapa aplikasi gratisan di Google Play Store memang ada yang benar-benar gratis, tapi disisipi iklan. Dan ada juga aplikasi gratisan yang menawarkan versi Pro untuk membuang iklannya. Keduanya berbahaya jika kamu asal pake aja. Kenapa sih kok berbahaya, kan gratis. Nah dari pada banyak alasan mari kita kupas satu persatu tentang jangan asal sembarangan instal aplikasi yang gratis.

  1. Boros Kuota

Sudah tahu kan kalau iklan menyedot hampir 80% kuota di internet di smartphone? Bukan hanya iklan saat browsing, iklan di aplikasi juga bisa menyedot kuota Anda. Pasalnya iklan yang masuk ke dalam smartphone kita itu kan di-push oleh sistem lewat internet.
bahaya-aplikasi-android-gratis-2
Gambar 1
Makanya, kalau kamu banyak instal aplikasi gratisan di smartphone, dijamin kuota kamu akan cepat habis deh. Apalagi kalau ternyata aplikasi gratisan itu sering banget kamu pake.Bahaya Iklan di Smartphone! 

  1. Boros Pulsa

Pulsa dan kuota sebenarnya berkaitan, karena kuota bisa dibeli pake pulsa. Tapi, apa jadinya kalau sudah beli kuota tapi pulsa kamu kesedot juga? Pasti kesel deh.
bahaya-aplikasi-android-gratis-3
Gambar 2
Beberapa aplikasi gratisan disisipi iklan yang menawarkan layanan VAS (Value-Added Service) dari operator berupa iklan banner. Saat iklan itu tanpa sengaja kepencet, maka kamu akan otomatis berlangganan konten SMS berbayar.

  1. Rawan Serangan Malware

bahaya-aplikasi-android-gratis
Gambar 3
Siapa yang bisa menjamin iklan yang ditampilkan di aplikasi gratisan itu bebas malware? Pasalnya Google AdSense yang besar aja bisa disisipi malware berbahay yang bisa mencuri data perbankan milikmu. Apalagi aplikasi gratisan yang mengandalakan semua platform iklan untuk dapatkan penghasilan.

  1. Risiko Pengumpulan Data

Beberapa aplikasi gratis di Google Play Store menyediakan Privacy Policy di aplikasinya, seperti Google maps yang minta akses lokasi. Nah, kalau yang tidak memiliki Privacy Policy, wajib kamu waspadai nih.
bahaya-aplikasi-android-gratis-4
Gambar 4

Beberapa aplikasi gratisan meminta permission saat diinstal, jangan asal disetujui. Pasalnya, kamu nggak tahu kan data kamu dikumpulkan untuk apa? Siapa tahu data smartphonemu dijual ke pihak lain?

Nah itulah betapa berbahayanya menginstal aplikasi gratisan. Sekian dulu ya dari saya, apabila ada kesalahan ketikan kata silahkan comment di kolom komentar.
Terima kasih!

Comments

Popular Posts