Skip to main content

Featured

SYARAT-SYARAT MENJADI PROGRAMMER


~ SELAMAT DATANG DI BODAS TEKNO ~ SELAMAT DATANG DI BODAS TEKNO ~

 

Hi!
Apa kabar? Semoga kabar kalian baik baik saja ya. Kali ini saya ingin membahas tentang SYARAT SYARAT MENJADI PROGRAMMER. Mengapa banyak lulusan di bidang Informatika tidak bisa membuat program? Mengapa banyak anak SMK jurusan RPL atau IT tidak bisa membuat program? Mengapa banyak programmer kelas dunia justru lulusan Sains atau Engineering? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, saya menemukan sebuah pola mengapa orang bisa jadi programmer yaitu perilakunya. Untuk membentuk perilaku ini memerlukan beberapa syarat. Nah, berikut saya bagikan Syarat-Syarat Menjadi Programmer. Ayo kita kupas tuntas..


1. Punya Minat

Syarat pertama yang harus Anda miliki yaitu punya minat atau ketertarikan yang kuat terhadap programming, dan komputer tentu saja. Dengan minat atau ketertarikan ini, Anda akan punya motivasi dari dalam jiwa Anda, bukan dari luar. Motivasi dari dalam ini yang akan membantu Anda untuk melewati jalan-jalan berliku dan tantangan.


2. Menguasai Konsep-Konsep Dasar.
dasar-pemrograman
Gambar 1
Syarat kedua yang harus Anda miliki tentu saja menguasai konsep-konsep dasar pemrograman. Kuasai konsep-konsep Algoritma dari level dasar, misalnya algoritma mencari bilangan prima, algoritma quick short, membuat deret Fibonacci, dll. Cari tahu juga bagaimana komputer bekerja, bagaimana sebuah software diciptakan, bagaimana orang membuat software-software yang kita pakai saat ini.


3. Belajar dari orang yang terbaik.
programmer-handal
Gambar 2


Satu hari berdialog dengan orang bijaksana jauh lebih bermanfaat dari pada sekolah bertahun-tahun. Carilah orang terbaik di dunia pemrograman, lalu belajarlah dari orang tersebut. Mungkin saja dia dosen di kampus. Mungkin saja dia menulis buku-buku pemrograman. Mungkin saja dia punya lembaga training. Pokoknya belajar dari orang terbaik di bidangnya, maka kita juga akan menjadi yang terbaik. Di sinilah pentingnya belajar di sekolah terbaik, di kampus terbaik. Sebab sekolah terbaik atau kampus terbaik bukan yang paling mewah fasilitasnya tapi yang memiliki guru-guru atau dosen-dosen terbaik di bidangnya.


4.Suka Ngoprek.

Ngoprek itu berlatih, sambil bermain, sambil belajar, sambil riset juga. Tujuannya adalah untuk mengembangkan diri, terutama skill di bidang pemrograman. Dengan ngoprek, kita bisa mendapatkan pengetahuan baru, pengalaman baru, dan juga kemampuan baru.


5. Self-Education.
self-education-for-programmer
Gambar 3

Self-education, mendidik diri sendiri, mengedukasi diri sendiri tujuannya adalah pengembangan diri. Tanpa pengembangan diri, kita akan menjadi manusia inflasi. Lho? Iya dong, kan makin tua, makin berkurang daya konsentrasinya, makin berkurang metabolismenya, makin berkurang energinya. Kalau tidak diimbangi dengan pengembangan diri, lama-lama ngga bisa kerja lagi dong? Ya sama aja kena inflasi Selain itu, kalau kita tidak mengedukasi diri-sendiri nanti lama-lama jadi kuper, atau istilah lainnya jadi orang pedalaman, tidak mengikuti diri perkembangan yang sedang berjalan saat ini.


6. Logika dan Imajinasi

Seorang programmer harus memiliki kemampuan untuk memecahkan suatu masalah tidak saja dengan satu jawaban tapi bisa lebih dari satu. Di sini pentingnya logika dan imajinasi untuk mencari cara penyelesaian berbeda namun mendapat hasil yang baik. Untuk ini kita harus memiliki dasar menghitung atau matematika yang kuat.


7. Penasaran dan Tidak Gampang Menyerah

Pada dasarnya programmer akan selalu dihadapkan pada persoalan yang kompleks untuk menyelesaikan bahasa pemrogramman untuk menghasilkan output maksimal. Demikian kompleksnya persoalan yang harus dipecahkan menuntut konsistensi kita untuk tidak putus asa dan selalu ingin tahu.


8. Rajin, Tekun dan Ulet

Belajar bahasa pemrograman tidaklah mudah karena begitu banyak macam bahasa pemrograman yang perlu dikuasi belum lagi dihadapkan pada kasus kasus tertentu yang mengharuskan seorang programmer memeras otak menciptakan suatu aplikasi terbaru dan lain daripada yang lain. Bahasa pemrograman tersebut antara lain HTML, PHP, Java, Python, ASP, C++ dan masih banyak lagi.


9. Rela Begadang
pekerjaan-programmer
Gambar 4

Poin ini tidak wajib, namun biasanya belajar pemrograman membutuhkan waktu yang cukup lama, dan terkadang akan menyita waktu yang cukup banyak. Jadi, siap-siap untuk rela begadang.



Ya itulah beberapa syarat menjadi programmer. Kalau kalian punya informasi yang lain silahkan comment di kolom komentar dengan bijak ya. Sekian dulu dari saya. Kalau ada salah pengetikan atau yang lainnya mohon maaf.

Terima Kasih...

Comments

Popular Posts